tus

Bunga KransBunga Papan PernikahanStanding Flower

Rose in VaseBuket TulipBuket Lili

Parsel Buah<Bunga MejaPaket Boneka

Tuesday, June 4, 2013

Rangkaian bunga hidup

Bagi sebagian orang merangkai bunga adalah hobi namun merangkai bunga juga dapat melatih daya imajinasi seseorang. Berikut adalah beberapa teknik yang dipakai dalam membuat rangkaian bunga hidup:

a. Basing atau pembuatan dasar

Basing merupakan     teknik yang digunakan untuk membuat dasar atau pola rangkaian bunga yang akan dibuat. Seperti halnya pondasi dari sebuah bangunan basing digunakan untuk menentukan warna yang akan dipakai serta bentuk susunan bunga yang akan dirangkai.
 
Focal Area atau daerah pusat perhatian

Focal Area merupakan teknik yang digunakan untuk    memusatkan perhatian rangkaian bunga yang akan dibuat dan nantinya pusat dari rangkaian tersebut akan diletakkan bunga utama yang indah. Dengan merangkai beberapa bunga berbeda yang tersusun rapi mengikuti alur yang nantinya akan bertemu pada pusat area.
 
Grouping atau pengelompokan

Grouping merupakan pengembangan dari focal area, dimana terdapat beberapa rangkaian bunga yang menjadi pusat perhatian yang tergabung menjadi satu rangkaian besar. Dengan dikelilingi bunga-bunga kecil beberapa titik focal area dibentuk sebagai main course untuk dinikmati. Dalam teknik grouping, bunga yang menjadi tiap pusat perhatian dapat menggunakan beberapa jenis bunga yang berbeda.
 
Terracing atau pembuatan teras

Terracing merupakan salah satu teknik dasar yang menggunakan pola seperti anak tangga dimana setiap rangkaian bunga hidup ditempatkan pada urutan tertentu. Pola yang digunakan dapat berulang namun harus diberikan sebuah rangkaian bunga utama sebagai pondasinya.

 Zooning atau pemilihan area yang lebih luas

Zooning merupakan teknik yang menyusun bunga berdasarkan warna atau jenisnya dan diperluas dengan komposisi yang ada. Dengan membagi ke dalam tiap-tiap area yang telah ditentukan bunga diletakkan secara merata.

 Sequencing atau pengurutan

Sequencing merupakan teknik yang digunakan dengan mengurutkan rangkaian bunga sesuai pola yang diinginkan seperti dari bunga-bunga yang memiliki kelopak yang lebih kecil ke kelopak yang lebih besar atau bunga-bunga yang memiliki warna yang gelap ke warna yang terang.

  Framing atau pembuatan kerangka

Framing merupakan teknik merangkai bunga dengan menyusun beberapa bunga sesuai kerangka yang telah dibuat. Dengan memberikan penekanan warna pada area tertentu dapat menonjolkan rangkaian bunga yang telah dibentuk.
 
Pararelism
Parerlism merupakan teknik merangkai bunga dengan menyusun bunga secara berderet dengan diberikan jarak tertentu. Beberapa deret rangkaian bunga dapat disatukan menjadi satu rangkaian dengan memberikan pola deretan berdasarkan bentuk bunga dan daunnya.

 Binding atau pengikatan

Binding merupakan teknik merangkai bunga dengan mengikat beberapa bunga. Bunga yang diikat dapat menggunakan jenis bunga yang sama maupun jenis bunga yang berbeda. Serta harus diperhatinkan pemakaian warna yang akan dirangkai.
 
Itulah beberapa teknik membuat rangkaian bunga hidup yang saya pahami. Semoga dapat semakin meningkatkan semangat anda untuk membuat rangkaian bunga yang indah.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.